Cara kerja dan Karakteristik Sensor Ultrasonic HC SR04

Cara kerja dan Karakteristik Sensor Ultrasonic HC SR04 - Hallo sahabat Teknik Elektro, Pada sharing kali ini yang berjudul Cara kerja dan Karakteristik Sensor Ultrasonic HC SR04, saya telah menyediakan artikel, ebook dan softwere untuk sahabat teknik elektro. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda.

Judul : Cara kerja dan Karakteristik Sensor Ultrasonic HC SR04
Tema : Cara kerja dan Karakteristik Sensor Ultrasonic HC SR04

lihat juga


Cara kerja dan Karakteristik Sensor Ultrasonic HC SR04


Apa itu sensor ultrasonic ? Sensor ultrasonic adalah sensor yang mendeteksi sebuah objek menggunakan suara. Sensor ultrasonic terdiri dari sebuah transmitter (Pemancar) dan sebuah receiver (penerima). Transmitter berfungsi untuk memancarkan sebuah gelombang suara kearah depan. Jika ada sebuah objek didepan transmitter maka sinyal tersebut akan memantul kembali ke Receiver. Fungsi sensor ultrasonic adalah mendeteksi benda atau objek di hadapan sensor. Penerapannya banyak dipakai pada robot pemadam api dan robot obstacle lainnya. Salah satu sensor yang paling sering digunakan adalah sensor ultrasonic tipe HC SR04.

Sensor Ultrasonic HC SR04
HC-SR04 merupakan sensor ultrasonik yang dapat digunakan untuk mengukur jarak antara penghalang dan sensor. Konfigurasi pin dan tampilan sensor HC-SR04 diperlihatkan pada Gambar dibawah ini :

Pin pada sensor HC SR04


Fungsi Pin-pin HC-SR04


       1.      VCC = 5V Power Supply. Pin sumber tegangan positif sensor.
       2.      Trig = Trigger/Penyulut. Pin ini yang digunakan untuk membangkitkan sinyal ultrasonik.
       3.      Echo = Receive/Indikator. Pin ini yang digunakan untuk mendeteksi sinyal pantulan ultrasonik.
       4.      GND = Ground/0V Power Supply. Pin sumber tegangan negatif sensor.


HC-SR04 memiliki 2 komponen utama sebagai penyusunnya yaitu ultrasonic transmitter dan ultrasonic receiver. Fungsi dari ultrasonic transmitter adalah memancarkan gelombang ultrasonik dengan frekuensi 40 KHz kemudian ultrasonic receiver menangkap hasil pantulan gelombang ultrasonik yang mengenai suatu objek. Waktu tempuh gelombang ultrasonik dari pemancar hingga sampai ke penerima sebanding dengan 2 kali jarak antara sensor dan bidang pantul seperti yang diperlihatkan pada Gambar dibawah ini :


 Cara Kerja Sensor HC SR04

Prinsip pengukuran jarak menggunakan sensor ultrasonik HC-SR04 adalah, ketika pulsa trigger diberikan pada sensor, transmitter akan mulai memancarkan gelombang  ultrasonik, pada saat yang sama sensor akan menghasilkan output TTL transisi naik menandakan sensor mulai menghitung waktu pengukuran, setelah receiver menerima  pantulan yang dihasilkan oleh suatu objek maka pengukuran waktu akan dihentikan dengan menghasilkan output TTL transisi turun. Jika waktu pengukuran adalah t dan kecepatan suara adalah 340 m/s, maka jarak antara sensor dengan objek dapat dihitung dengan menggunakan Persamaan dibawah ini :



 Pemilihan HC-SR04 sebagai sensor jarak yang akan digunakan pada penelitian ini karena memiliki fitur sebagai berikut; kinerja yang stabil, pengukuran jarak yang akurat dengan ketelitian 0,3 cm, pengukuran maksimum dapat mencapai 4 meter dengan jarak minimum 2 cm, ukuran yang ringkas dan dapat beroperasi pada level tegangan TTL Prinsip pengoperasian sensor ultrasonik HC-SR04 adalah sebagai berikut ; awali dengan memberikan pulsa Low (0) ketika modul mulai dioperasikan, kemudian berikan pulsa High (1) pada trigger selama 10 μs sehingga modul mulai memancarkan 8 gelombang kotak dengan frekuensi 40 KHz, tunggu hingga transisi naik terjadi pada output dan mulai perhitungan waktu hingga transisi turun terjadi, setelah itu gunakan Persamaan 2.1 untuk mengukur jarak antara sensor dengan objek. Timing diagram pengoperasian sensor ultrasonik HC-SR04 diperlihatkan pada Gambar berikut :


 Penerapan Sensor Ultrasonic HC SR04

Sensor HC SR04 banyak digunakan pada robot jenis obstacle seperti robot pemadam api. Selain itu dapat juga diterapkann pada kendaraan untuk mencegah tabrakan dan sebagai radar sederhana. Harga sensor HC SR04 juga sangat murah, antara 15.000 sampai 30.000 saja.


Baca juga : Cara menghitung resistor untuk lampu led


Demikianlah Artikel Cara kerja dan Karakteristik Sensor Ultrasonic HC SR04

materi teknik elektro tentang Cara kerja dan Karakteristik Sensor Ultrasonic HC SR04, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara kerja dan Karakteristik Sensor Ultrasonic HC SR04 dan artikel ini url permalinknya adalah https://teknikelektropakuan.blogspot.com/2018/09/cara-kerja-dan-karakteristik-sensor_81.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara kerja dan Karakteristik Sensor Ultrasonic HC SR04"

Posting Komentar