Sejarah Perkembangan Televisi (TV) Dari Awal Sampai Sekarang

Sejarah Perkembangan Televisi (TV) Dari Awal Sampai Sekarang - Hallo sahabat Teknik Elektro, Pada sharing kali ini yang berjudul Sejarah Perkembangan Televisi (TV) Dari Awal Sampai Sekarang, saya telah menyediakan artikel, ebook dan softwere untuk sahabat teknik elektro. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda.

Judul : Sejarah Perkembangan Televisi (TV) Dari Awal Sampai Sekarang
Tema : Sejarah Perkembangan Televisi (TV) Dari Awal Sampai Sekarang

lihat juga


Sejarah Perkembangan Televisi (TV) Dari Awal Sampai Sekarang

Sejarah Perkembangan Televisi (TV) dari Awal Sampai Sekarang – Televisi atau lebih dikenal TV (baca :tivi) adalah media informasi dan hiburan paling populer di akhir abad 20 sampai saat ini. Walaupun saat ini teknologi Internet sudah menjangkau berbagai kalangan sehingga orang menerima informasi lebih banyak lewat internet seperti Situs berita dan Youtube. Bahkan sudah ada istilah yang sering didengar yaitu “Youtube lebih dari TV”. Istilah ini merujuk pada Youtube yang  telah menjadi sumber informasi populer akibat era Internet. Namun, televisi masih menjadi pilihan banyak orang dalam media Informasi dan hiburan yang interaktif. Terlepas dari perannya, Televisi memiliki Sejarah panjang sebelum dapat dinikmati sampai sekarang.



Sejarah Awal Televisi

Sebelum dikembangkannya televisi, media Informasi dan hiburan disampaikan lewat Radio. Namun kelemahan radio adalah hanya dapat berkirim suara dan range frekuensi yang kecil. Maka para illmuan berpikir bagaimana Caranya agar selain dapat berkirim gambar, Informasi dapat ditampilkan dalam bentuk gambar atau Visual. Seorang Operator telegram asal norwegia bernama Joseph May pada tahun 1873 menemukan bahwa cahaya dapat mempengaruhi resistansi elektris selenium. Joseph May juga mempunyai gagasan bahwa cahaya dapat diubah menjadi arus listrik dalam fotosell selenium.

Bersama Temannya Willoughby Smith, Joseph melalukan penelitian dan melaporkannya pada Journal of The Society of Telegraph Engineers. Gagasan Joseph May merupakan awal dari teknologi perekam gambar. Tahun 1876, George Carey, mengembangkan penelitian Joseph dan berhasil menemukan selenium kamera yang membuat orang dapat melihat visualisasi gelombang listrik. 

Tahun 1884, seorang ilmuan jerman bernama Paul Nipkov berhasil mengirim gambar elektronik dalam kepingan logam dengan resolusi 18 baris. Tahun 1897, Karl Ferdinand Braun menemukan Tabung sinar Katoda atau CRT (Chatode Ray Tube) yang menjadi dasar televise tabung.

Tabung CRT

Istilah Televisi pun dipopulerkan oleh Constatin Persky pada tahun 1900 pada acara International Congres Of Electricity di Prancis. Televisi berasal dari 2 bahasa berbeda. Tele dalam bahasa Yunani berarti jauh, dan Vision dalam bahasa Inggris yang berarti gambar. Sehingga Television Berarti gambar yang dapat dikirim dari jarak yang jauh.



Perkembangan Televisi

Televisi diperkenalkan secara umum oleh seorang Ilmuan asal Skotlandia bernama Jhon Logie Baird. Jhon membuat Televisi mekanik yang cara kerjanya adalah  memindai gambar dan menghasilkan sinyal video melalui cakram berputar dan berlubang. Jhon melakukan demonstrasi publik dari televise hidup dengan menciptakan gambar dengan pemindaian elektronik. Pada tahun 1924, Jhon berhasil mengirimkan gambar berkedip dalam jarak 10 kaki dan tahun berikutnya berhasil menangkap gambar Televisi dengan Cahaya bayangan. Sebelum Itu, Tahun 1923 seorang ilmuan bernama Vladimir Kosma Zworykin mendaftarkan namanya untuk penemuan Kinescope, Televisi Tabung pertama di dunia.

Jhon Logie Baird


Jhon Logie Baird mengembangkan televise mekanik pada tahun 1927 dan mulai mengirm saluran telepon panjang antara London dan Glasgow dengan jarak 488 mil. Televisi diproduksi secara Massal oleh Jhon pada tahun 1929. Sampai tahun 1937 Stasiun TV dab Radio BBC menggunakan perusahaan Jhon Logue Baird untuk siaran Televisi Mereka.


Selanjutnya Pinemuan baru televise Terus berlanjut hingga sekarang :

·    Tahun 1927, Seorang Pemuda asal Amerika Bernama Philio T Fransworth mengembangkan televise modern pertama pada usia 21 tahun. Philio memiliki gagasan tentang “Image Disscetor Tube” dan menjadi dasar kerja Televisi.

·         Tahun 1940, Peter Goldmark menciptakan televise warna dengan Resolusi 343 garis.

·         Tahun 1958, Dr. Glenn Brown menulis sebuah karya ilmiah Tentang Liquid Crystal Display         (LCD)

·    Tahun 1964, Donald Bitzer menciptakan Prototype Sel tunggal Display Televisi Plasma dan dilanjutkan oleh Larry weber.

·      Tahun 1967, James Fergasson menemukan teknik “twisted nematic” sehingga dapat  membuat layar LCD yang lebih Praktis.

·         Tahun 1968, George Heilmeier bersama Lembaga RCA memperkenalkan Layar LCD.

·        Tahun 1975, larry weber berhasil mengembangkan temuan Donald Bitzer dengan membuat layar Plasma Berwarna.

·   Tahun 1979, Para Illmuan dari KODAK berhasil menciptakan tampilan jenis baru bernama Organic Light Emitting Diode (OLED). Sebelum Itu , Light emitting diode ditemukan oleh 3 illmuan asal jepang. Sementara itu Walter Spear dan Peter Le Comber membuat display LCD dari bahan thin film transfer yang lebih ringan.

·         Tahun 1981, Stasin TV NHK asal Jepang mendemonstrasikan Teknologi HDTV dengan resolusi menvapai 1.125 garis.

·         Tahun 1987, KODAK mematenkan teknologi OLED sebagai peralatan display.

·         Pada tahun 1995, Proyek layar Plasma Larry weber selesai dan membuat layar plasma menjadi lebih stabil dan cemerlang. Larry mengadakan riset dengan dana 26 juta dolar yang didanai Matsushita.

·         Era 2000 sampai sekarang Perusahaan TV mengembangkan teknologi temuan sebelumnya dan produksi TV sudah dilakukan di seluruh Dunia hingga saat ini.




Demikianlah Artikel Sejarah Perkembangan Televisi (TV) Dari Awal Sampai Sekarang

materi teknik elektro tentang Sejarah Perkembangan Televisi (TV) Dari Awal Sampai Sekarang, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Sejarah Perkembangan Televisi (TV) Dari Awal Sampai Sekarang dan artikel ini url permalinknya adalah https://teknikelektropakuan.blogspot.com/2018/09/sejarah-perkembangan-televisi-tv-dari.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Sejarah Perkembangan Televisi (TV) Dari Awal Sampai Sekarang"

Posting Komentar