Mengenal Teknik elektro dan Prospek kerjanya

Mengenal Teknik elektro dan Prospek kerjanya - Hallo sahabat Teknik Elektro, Pada sharing kali ini yang berjudul Mengenal Teknik elektro dan Prospek kerjanya, saya telah menyediakan artikel, ebook dan softwere untuk sahabat teknik elektro. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda.

Judul : Mengenal Teknik elektro dan Prospek kerjanya
Tema : Mengenal Teknik elektro dan Prospek kerjanya

lihat juga


Mengenal Teknik elektro dan Prospek kerjanya


Mengenal Teknik elektro dan Prospek kerjanya - Teknik elektro telah menjadi pilihan banyak calon pelajar maupun mahasiswa dalam konsentrasi pada sebuah bidang ilmu. Teknik elektro menjadi landasan terdepan dalam perkembangan teknologi era milenial. Walaupun begitu, Teknik elektro sudah berkembang sejak puluhan tahun lalu. apa itu teknik elektro ? Bagaimana prospek kerja lulusan elektro ? Kampus mana yang menjadi favorit para mahasiswa ? berikut penjelasannya dibawah ini :




Apa Itu Teknik Elektro ?

Disiplin ilmuTeknik Elektro pada dasarnya mempelajari teknologi perancangan suatu sistem maupun sub sistem menggunakan piranti elektronics sehingga bermanfaat untuk membantu pekerjaan - pekerjaan yang sulit dilakukan manusia. Teknik Elektroter masuk disiplin ilmu yang paling dinamis dan menantang dalam menghadapi perkembangan teknologi yang perkembangannya sedemikian pesat. Teknik Elektro cakupannya sangat luas, mulai dari sumber sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusinya, sampai kepemanfaatan di dalam gedung dan alat – alat rumah tangga.



Apa yang Dipelajari di Teknik Elektro ?

Teknik Elektro mempelajari pemanfaatan gejala – gejala alam terutama sifat – sifat elektron yang disebut dengan kelistrikan yang kemudian diaplikasikan dalam hubungannya dengan teknologi, termasuk juga hubungannya dengan fungsi listrik itu sendiri. Dalam bidang studi Teknik Elektro, selain mempelajari ilmu – ilmu dasar untuk rekayasa (meliputi Matematika, Fisika, dan Kimia)  mahasiswa juga akan mempelajari landasan pengetahuan teknologi kelistrikan mencakup tentang energi, informasi, dan isyarat. Di beberapa perguruan tinggi, Teknik Elektro dibagi atas 2 bagian yaitu Arus Kuat dan Arus Lemah. Arus kuat mempelajari tentang listrik tegangan tinggi (kelistrikan). Sedangkan arus lemah mempelajari listrik tegangan lemah seperti elektro telekomunikasi, elektro komputer & elektro control.



Prospek Lulusan Teknik Elektro

Lulusan Teknik Elektro dapat bekerja di berbagai bidang industri, misalnya di pembangkitan, transmisi, distribusi tenaga listrik (Perusahaan Listrik Negara atau Perusahaan ListrikSwasta, industribesar), industry perancang/ penghasil komponen listrik/elektronika, industri- industry pada umumnya yang sarat dengan mesin – mesin listrik, instrumentasi, pengaturan (control system), pusat komputer dan jaringannya, BUMN (PT. LEN, PT. Telkom, IPTN, PT. Indosat, PT. INTI, dll.), industry jasa telekomunikasi (termasuk operator seperti Telkomsel, Indosat, dll), industry peralatan telekomunikasi (contoh: Sony Ericsson, Nokia, Nortel, dll.), industry elektronika, konsumen, perminyakan, dan sebagainya.

Lulusan Teknik Elektro biasanya menempati posisi/ jabatan di perusahaan sebagai ; Network Planner/ Engineer, Telecomunication Software Engineer, Perancang dan implementor produk-produk perangkat keras dan lunak telekomunikasi / internet, Konsultan pada berbagai industri yang menggunakan telekomunikasi dan internet, Manajer proyek Sistem Informasi/ Teknologi Informasi, Manajer Pengembangan produk dan layanan telekomunikasi dan informasi, dan lain sebagainya.


Daftar Perguruan Tinggi Negeri  yang terdapat Teknik Elektro

Berikut ini beberapa perguruan tinggi baik PTN maupun PTS yang terdapat jurusan teknik elektro yang berakreditasi A :


Institut Teknologi Bandung, Bandung A

Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya A

Universitas Diponegoro, Semarang A

Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta A

Universitas Gunadarma, Jakarta A

Universitas Hasanuddin, Makassar A

Universitas Indonesia, Jakarta A

Universitas Kristen Maranatha, Bandung A

Universitas Kristen Petra, Surabaya A

Universitas Negeri Malang, Malang A

Universitas Negeri Padang, Padang A

Universitas Negeri Surabaya, Surabaya A

Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta A

Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta A

Universitas Pelita Harapan, Jakarta A

Universitas Surabaya, Surabaya A

Universitas Trisakti, Jakarta A





Demikianlah Artikel Mengenal Teknik elektro dan Prospek kerjanya

materi teknik elektro tentang Mengenal Teknik elektro dan Prospek kerjanya, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Mengenal Teknik elektro dan Prospek kerjanya dan artikel ini url permalinknya adalah https://teknikelektropakuan.blogspot.com/2018/09/mengenal-teknik-elektro-dan-prospek.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Teknik elektro dan Prospek kerjanya"

Posting Komentar