Mengapa Muncul Tulisan "Periksa" pada Meteran Listrik ? Inilah Penyebabnya !

Mengapa Muncul Tulisan "Periksa" pada Meteran Listrik ? Inilah Penyebabnya ! - Hallo sahabat Teknik Elektro, Pada sharing kali ini yang berjudul Mengapa Muncul Tulisan "Periksa" pada Meteran Listrik ? Inilah Penyebabnya !, saya telah menyediakan artikel, ebook dan softwere untuk sahabat teknik elektro. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda.

Judul : Mengapa Muncul Tulisan "Periksa" pada Meteran Listrik ? Inilah Penyebabnya !
Tema : Mengapa Muncul Tulisan "Periksa" pada Meteran Listrik ? Inilah Penyebabnya !

lihat juga


Mengapa Muncul Tulisan "Periksa" pada Meteran Listrik ? Inilah Penyebabnya !

Mengapa muncul tulisan “Periksa” pada meteran listrik PLN ? – Saat ini, Mayoritas jenis KWH meter yang terpasang pada rumah rumah adalah jenis KWH Prabayar. KWH meter jenis ini menggunakan sistem voucher listrik, sehingga pelanggan tidak perlu lagi Antri di PLN saat ingin membayar Tagihan. Metode jenis ini Diistilahkan PLN sebegai listrik pintar, Artinya konsumen dapat dengan mudah mengontrol pemakaian dan membayaran listrik. Cukup dengan membeli Voucer listrik minimal 20 Ribu, maka konsumen akan mendapatkan besaran limit KWH pada meteran. Jika limit yang ditentukan sudah habis, maka Relai yang ada dalam meteran otomatis akan memutus arus PLN, walaupun MCB rumah tidak turun.

Tulisan Periksa para Meteran

Seringkali, masalah yang muncul pada KWH prabayar adalah munculnya tulisan PERIKSA pada display meteran. Munculnya tulisan periksa pada meteran menyebabkan konsumen tidak dapat mengisi ulang Voucher listrik. Jika limit KWH pada meteran telah habis, maka listrik akan otomatis terputus. Tulisan periksa pada display meteran PLN tidak muncul begitu saja, tapi adanya beberapa faktor penyebab.


Masalah Instalasi Listrik

Penyebab yang sering ditemui adalah karena adanya masalah pada Instalasi listrik di rumah konsumen. Masalah yang terjadi biasanya adalah Arus bocor. Meteran Prabayar mempunyai sensor yang dapat menghitung perbandingan arus antara Phasa dan Netral. Jika arus yang masuk berbeda dengan arus yang keluar pada meteran, berarti telah terjadi arus bocor pada Instalasi. Itulah penyebab munculnya tulisan Periksa pada display agar konsumen dapat segera melapor ke Petugas PLN.
Selain arus bocor, masalah lain yang muncul adalah Ground dan netral yang tidak terpisah. Pada dasarnya kabel Ground dan netral harus disambung sebelum masuk ke KWH meter dan harus terpisah Setelah keluar dari meteran.  Ini menyebabkan sensor pada KWH meter tetap membaca adanya arus masukan.  


Mengutak – atik Meteran

Berbeda dengan KWH meter sebelumnya yang berupa Disk, KWH prabayar ini memiliki sistem keamanan yang tinggi. Jika KWH meter dahulu bisa diakali dengan teknik tertentu sehingga daya dan pemakaian listrik bisa ditekan, maka Sekarang dengan sistem digital sudah mustahil dilakukan. Mengutak atik meteran dapat menyebabkan munculnya tulisan periksa, karena sistem meteran menganggap konsumen akan melakukan kecurangan. Walaupun sebenarnya konsumen hanya penasaran, atau ingin mengganti komponen meteran yang baru, tetap dianggap melanggar aturan.Biasanya, pada meteran sudah diberi peringatan “merusak segel didenda”.


Mengatasi Tulisan Periksa

Cara mengatasi mengatasi tulisan periksa adalah dengan memasukkan “Clear Tamper Token” yaitu 20 digit angka yang di input ke meteran. Kode ini diberikan oleh petugas PLN. Namun sebelum itu, Perlu diketahui penyebab dari munculnya tulisan periksa. Jika tulisan periksanya berkedip, Tandanya masih ada masalah pada Instalasi listrik. Coba cabut semua perangkat elektronik yang terpasang. Jika setelah melepaskan perangkat lalu tulisan periksa tidak berkedip, maka masalah ada pada perangkat elektronik. Jika masih berkedip periksalah sambungan kabel instalasi.

Jika tulisan periksa muncul karena konsumen Mengutak – atik Meteran, maka langsung saja melapor ke petugas PLN. Nanti petugas PLN akan minta keterangan konsumen dan menentukan apakah konsumen akan dikenakan denda atau tidak.


Demikianlah Artikel Mengapa Muncul Tulisan "Periksa" pada Meteran Listrik ? Inilah Penyebabnya !

materi teknik elektro tentang Mengapa Muncul Tulisan "Periksa" pada Meteran Listrik ? Inilah Penyebabnya !, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Mengapa Muncul Tulisan "Periksa" pada Meteran Listrik ? Inilah Penyebabnya ! dan artikel ini url permalinknya adalah https://teknikelektropakuan.blogspot.com/2018/09/mengapa-muncul-tulisan-pada-meteran.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Mengapa Muncul Tulisan "Periksa" pada Meteran Listrik ? Inilah Penyebabnya !"

Posting Komentar