Cara Mengetahui Pemakaian Daya Listrik Rumah

Cara Mengetahui Pemakaian Daya Listrik Rumah - Hallo sahabat Teknik Elektro, Pada sharing kali ini yang berjudul Cara Mengetahui Pemakaian Daya Listrik Rumah , saya telah menyediakan artikel, ebook dan softwere untuk sahabat teknik elektro. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda.

Judul : Cara Mengetahui Pemakaian Daya Listrik Rumah
Tema : Cara Mengetahui Pemakaian Daya Listrik Rumah

lihat juga


Cara Mengetahui Pemakaian Daya Listrik Rumah

 Cara mengetahui Pemakaian daya listrik rumah – Pemerintah saat ini sedang mempromosikan ajakan penghematan listrik. Dengan Program listrik pintar, diharapkan konsumen dapat mengontrol dan menghemat penggunaan alat - alat  listrik. Listrik pintar menggunakan KWH meter prabayar dengan sistem Digital. Sistem ini menggunakan Voucher yang dapat di beli di toko terdekat, yang akan memberikan besaran KWH yang dapat Dipakai. Selain Itu konsumen juga dapat mengetahui berapa penggunaan daya listrik yang sedang terpakai pada saat itu.


Kwh Meter prabayar

Tujuan mengetahui pemakaian daya

Mengetahui pemakaian daya listrik di rumah sangat penting. Dengan mengetahui pemakaian daya, selain mengetahui biaya listrik, maka konsumen dapat mengambil langkah - langkah penghematan. Misalnya saja, setelah dilihat pemakaian daya, ternyata dengan menggunakan kipas angin pemakaian daya sangat besar. Tentunya pemakaian daya yang besar dapat menghabiskan quota token listrik dengan segera. Maka konsumen dapat mengambil tindakan dengan menyalakan kipas angin hanya di waktu tertentu saja.

Selain itu, mengetahui pemakaian daya listrik juga berfungsi untuk mendeteksi arus bocor. Arus bocor terjadi karena adanya hubungan antara kabel fasa dan netral yang mengakibatkan mengalirnya daya listrik. Jika alat listrik dirumah tidak terpasang namun daya listrik di meteran tercatat tinggi, maka patutlah curiga dengan kebocoran listrik. Segera periksa semua jalur instalasi listrik di rumah.


Cara mengetahui pemakaian daya listrik pada meteran

Pada meteran listrik, terdapat kode tertentu yang dimasukkan untuk mengetahui besaran daya. Kode ini berbeda beda tergantung merk dari meteran Prabayar yang terpasang.

      1.       Merk Itron
·         Kode 47 lalu enter,adalah informasi berapa daya listrik yang sedang terpakai
·         Kode 09 lalu enter, adalah Informasi daya listrik yang telah digunakan
      2.       Merk Hexing
·         Kode 814 lalu enter, adalah informasi daya yang sedang Terpakai
·         Kode 851 lalu enter, adalah informasi daya listrik yang telah digunakan
      3.       Merk Conlog
·         Kode #1# lalu enter, adalah informasi daya rata-rata yang terpakai
·         Kode #2# lalu enter, adalah informasi jumlah  penggunaan KWH Terakhir
      4.       Merk Glomet
·          Kode 47 lalu enter,adalah informasi berapa daya listrik yang sedang terpakai
·         Kode 38 laluenter, adalah informasi total KWH yang telah terpakai

Silahkan memasukkan kode sesuai merk Kwh masing masing dan Penggunaak daya dapat dilihat langsung pada display meteran.




Demikianlah Artikel Cara Mengetahui Pemakaian Daya Listrik Rumah

materi teknik elektro tentang Cara Mengetahui Pemakaian Daya Listrik Rumah , mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Mengetahui Pemakaian Daya Listrik Rumah dan artikel ini url permalinknya adalah https://teknikelektropakuan.blogspot.com/2018/09/cara-mengetahui-pemakaian-daya-listrik.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengetahui Pemakaian Daya Listrik Rumah "

Posting Komentar