Cara mudah Menambah Panas Solder

Cara mudah Menambah Panas Solder - Hallo sahabat Teknik Elektro, Pada sharing kali ini yang berjudul Cara mudah Menambah Panas Solder , saya telah menyediakan artikel, ebook dan softwere untuk sahabat teknik elektro. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda.

Judul : Cara mudah Menambah Panas Solder
Tema : Cara mudah Menambah Panas Solder

lihat juga


Cara mudah Menambah Panas Solder

Cara mudah Menambah Panas Solder – Solder adalah senjata utama bagi teknisi elektronika. Solder digunakan untuk mencairkan gulungan timah agar dapat dipakai untuk menghubungkan kaki komponen dengan pad Printer Circuit Board (PCB). Solder yang digunakan  pun bermacam bentuknya, ada yang model biasa atau konvensional, ada pula yang model seperti pistol atau istilah familiarnya Solder tembak. Dipasaran, Solder dijulal dengan kemampuan daya yang beragam, mulai dari 30 watt sampai 100 watt. Semakin besar watt sebuah solder, semakin besar pula panas daya solder yang akan dihasilkan.

Baca juga Download pdf ebook elektronika dasar lengkap

Soldering PCB

Berbagai merk dari solder beragam dijual , seperti Dekko, Hakko, Masda, Rapid, goot dll. Namun bagi mayoritas teknisi elektro, Solder merk Dekko lah yang paling diminati. Selain dekko, solder yang terkenal adalah merk Goot, namun harganya memang sebanding dengan kualitas. Solder Merk Goot lebih mahal harganya dari merk lainnya.

Saat membeli sebuah solder kadang kita merasa bahwa solder tersebut kurang “greget” dalam menjalankan tugasnya. Lama kelamaan, panas yang ditimbulkan semakin sulit untuk melelehkan timah solder. Solder konvensional biasanya sudah ditentukan kemampuan wattnya, alias maksimal panas yang akan ditimbulkan. Berbeda dengan solder Station yang mempunyai pengatur suhu sehingga panas yang ditimbulkan bisa diatur sesuka hati. Namun harga Solder Station sangatlah mahal, mulai dari 400 ribu hingga jutaan Rupiah.

Baca jugaMengenal Teknik elektro dan Prospek kerjanya

Ini  ada cara mudah bagi kita untuk menambah panas maksimal dari solder. Caranya adalah memberikan rangkaian Penyearah gelombang penuh sebelum masuk ke elemen pemanas solder. Skema rangkaian dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Skema mendambah daya solder
Daftar komponen :

Dioda 1A / 1N4007: 4 pcs
Elco 2200uF           : 1 Pcs

Prinsipnya adalah menyearahkan gelombang puncak hingga tegangan masuk sebesar  >300V. sebelum menggunakan rangkaian penyearah diatas, tegangan input pada elemen solder hanya 220V efektif. Namun dengan menggunakan dioda dan kapasitor maka tegangan yang dihasilkan adalah sebesar >300V DC. Menaikkan tegangan tentu akan menaikkan level arus sehingga dapat menambah panas yang ditimbulkan.


Skema Mengurangi daya Solder
Namun bagi solder yang terlalu panas dan Ingin diturunkan panasnya caranya juga sangat mudah. Yaitu dengan menseri sebuah dioda 1A pada input elemen pemanas solder. Tujuannya untuk memotong setengah gelombang input sehingga daya menjadi berkurang setengahnya. Prinsip inilah yang digunakan pada solder tembak umumnya. Pada solder tembak, jika kita menekan saklar push button berarti kita menghubung langsung input PLN ke solder sehingga dayanya maksimal. Namun, ketika saklar ditekan maka elemen akan terhubung seri pada sebuah dioda, untuk mengurangi panasnya.

Baca juga :Sejarah dan Penjelasan Revolusi Industri jilid 1.0 sampai 4.0



Demikianlah Artikel Cara mudah Menambah Panas Solder

materi teknik elektro tentang Cara mudah Menambah Panas Solder , mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara mudah Menambah Panas Solder dan artikel ini url permalinknya adalah https://teknikelektropakuan.blogspot.com/2018/09/cara-mudah-menambah-panas-solder.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara mudah Menambah Panas Solder "

Posting Komentar