Cara Mudah Menghitung Resistor Untuk Lampu LED

Cara Mudah Menghitung Resistor Untuk Lampu LED - Hallo sahabat Teknik Elektro, Pada sharing kali ini yang berjudul Cara Mudah Menghitung Resistor Untuk Lampu LED, saya telah menyediakan artikel, ebook dan softwere untuk sahabat teknik elektro. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda.

Judul : Cara Mudah Menghitung Resistor Untuk Lampu LED
Tema : Cara Mudah Menghitung Resistor Untuk Lampu LED

lihat juga


Cara Mudah Menghitung Resistor Untuk Lampu LED

Cara mudah menghitung Resistor untuk lampu LED -  LED adalah komponen elektronika keluarga dari Dioda yang dapat menghasilkan cahaya. Rangkaian menggunakan Light Emitting Diode (LED) adalah salah satu rangkaian yang paling sering dibuat. Selain berfungsi sebagai penerangan, LED juga berfungsi sebagai animasi kreatif atau sebagai penampil informasi seperti Dot Matrix. Dalam penerapannya,  setiap lampu led dipasangi resistor sebagai penghambat arus. Dengan menghambat arus yang masuk maka terang nyala led dapat diatur sesuka hati.Selain LED tungal , resistor juga dapat dipakai untuk Led Parallel dan LED Seri.

Resistor Untuk LED



Resistor biasanya digunakan untuk menurunkan tegangan atau menurunkan voltase, karena hukum “alam” dari resistor yang diseri akan membentuk sebuah pembagi tegangan. Tegangan terbesar mengalir pada resistor yang nilainya paling besar. Sedangkan arus yang mengalir adalah sama di setiap titik rangkaian seri.

Rangkaian Dasar LED


Seringkali dalam membuat project, kita hanya berpatokan pada skema yang ada. Padahal skema itu belum tentu benarnya. Dalam membuat project, setidaknya kita tau sedikit dari cara kerja, fungsi dan kegunaannya serta rumusnya juga. Misalkan kita membuat project LED dengan mikrokontroller atau Dengan IC 4017. Tegangan kerja LED bermacam2, misalnya Led merah yang tegangannya 2-2,5 v dengan arus sebesar 20mA (max) dan LED putih dengan tegangan 3v dan arus sebesar 20mA (max). Rumus menghitung Resistor untuk led adalah :

Rd = (Vs – Vd ) / Id

Dimana :
Rd = Resistor LED
Vs = Voltage Source atau Sumber Tegangan
Vd = Voltage Diode atau Tegangan kerja LED
Id = Arus LED

Misal kita menghitung R LED Merah di sumber tegangan 12 V maka jika dihitung:
Rd = (Vs – Vd ) / Id =
Rd = (12 – 2 ) / 0,02A (Persamaan dari 20mA)
Rd = 10 / 0,02 = 500 ohm

Karena R dengan nilai 500 tidak ada di pasaran, maka kita pakai nilai yang mendekati, yaitu 470 atau 560. Jika Kita pakai yang 470 maka arus akan lebih besar sedikit, jika kita pakai yang 560 maka arus akan lebih kecil sedikit tapi akan awet juga lednya daripada arus yang lebih besar. Jadi arus yang mengalir jika R = 560 adalah :

I = V / R
I = 10 / 560 = 0.018A = 18mA

Maka daya yang timbul sebesar :

P = V x I
P = 10 x 0,018A = 0,18 watt

jadi kita bisa memakai R dengan daya 0,25 watt (1/4 w) atau 0,5 watt (1/2w). Tentunya semakin tinggi watt resistor semakin mahal juga harganya.


LED seri dan LED Parallel

Jika ingin menggabungkan beberapa led menjadi seri atau parallel, tentu berubah lagi hitungannya. Intinya, jika LED seri maka arusnya tetap dan tegangannya bertambah. Sedangkan LED parallel arusnya bertambah namun tegangannya tetap. Contoh 5 buah led superbright 5mm diseri maka V led adalah 5 * 3V = 15V dan arus tetap 20mA. Jika 5 buah LED tersebut diparallel maka V led tetap 3V namun I led adalah 20mA * 5 = 100mA atau 0.1A. tinggal dimasukkan lagi ke rumus diatas.


Mungkin Juga muncul pertanyaan, Mengapa Rangkaian JT (Joule Thief ) Tidak memerlukan Resistor untuk LED nya. Karena Output JT adalah tegangan tinggi dengan Kuat arus sangat Rendah maka ketika masuk Ke LED Tegangan tinngi Itu akan Drop sampai Ambang tegangan kerja LED tersebut.




Demikianlah Artikel Cara Mudah Menghitung Resistor Untuk Lampu LED

materi teknik elektro tentang Cara Mudah Menghitung Resistor Untuk Lampu LED, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Mudah Menghitung Resistor Untuk Lampu LED dan artikel ini url permalinknya adalah https://teknikelektropakuan.blogspot.com/2018/09/cara-mudah-menghitung-resistor-untuk_5.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Menghitung Resistor Untuk Lampu LED"

Posting Komentar